Kamis, 24 April 2014



CONTOH SINONIM, ANTONIM, HOMONIM, HOMOFON, HOMOGRAF, POLISEMI, DAN HIPERNIM HIPONIM

CONTOH SINONIM, ANTONIM,  HOMONIM, HOMOFON, HOMOGRAF, POLISEMI, DAN HIPERNIM HIPONIM

SINONIM
1.Bapak=Ayah
-Ayah saya seorang PNS.
2.Nakal=Bandel
-Ayu memeng anak yang bandel
3.Dusta =Bohong
-Jumardi berbohong kepada saya.
4.Ganteng=Keren
-kakak saya orangnya memeng keren.
5.Senang=Gembira
-Saya sangat gembira bertemu dengan ibu.

ANTONIM
1.Senang><Sedih
-Saya sedih melihat teman saya yang sakit.
2.Lapar><Kenyang
-Amran sangat kenyang stelah makan bakso.
3.Laki-laki><Perempuan
-Bibi saya melahirkan seorang anak perempuan.
4.Panas><Dingin
-Cuaca malam ini sangat dingin.
5.Gemuk><Kurus
-Karena malas makan Irsan keliatan kurus.

 
HOMONIM
1.Bulan(dalam kalender), Bulan(nama satelit)
-Pada bulan Desember akan di adakan semester.
-Malam ini bulan bersinar dengan indah.
2.Genting(gawat),Genting(atap rumah)
-Keadaan masyarakat palestina sekarang sangat genting.
-Genting rumah saya bocor.
3.Dasar
-Dasar Andi anaknya memeng nakal.
-Dasar Negara kita adalah pancasila.
4.Bagi(pembagian), Bagi(untuk)
-Makanan itu harus di bagi rata.
-Bagi mahasiswi UnisMuh diwajibkan memakai jilbab.
5.Rapat(tidak renggang), Rapat(pertemuan)
-Pak guru menyuruh kami rapat dalam barisan.
-Besok pagi ada rapat di kantor.

HOMOFON
1.Rok(pakaian), Rock(aliran music)
-Saya sangat suk music rock.
-Ayu memakai rok ke kampus.
2.Djarum(merek rokok), Jarum(alat untuk menjahit)
-Ayah menyuruh saya membeli rokok djarum.
-Tangan sya berdarah tertusuk jarum.
3.Tank(kendaraan perang), Tang(alat perkakas)
-TNI latihan enggunakan mobil tank.
-Saya butuh tang untuk memprbaiki motor.
4.Massa(kerumunan masyarakat), Masa(waktu)
-Pencuri itu tewas di keroyok massa.
-Saya ingin hidup lebih baik di masa yang akan datang.
5.Bank(tempat menyimpan uang), Bang(panggilan untuk kakak)
-Banyak orang yag menyimpan uangnya di bank.
-Bang Toyib masih belum pulang juga.

HOMOGRAF
1.Serang(nama kota), Serang(perang)
-Minggu depan saya ingin ke kota Serang.
-Pasukan itu di serang oleh musuhnya.
2.Rendang(makanan), Rendang(pohon yang lebat)
-Ibu sedang masak rendang.
-Tidur di bawah pohon yang rendang memeng nyaman.
3.Per(benda), Per(pembagian)
-Per sepeda itu bekerja dengan baik.
-Mahasiswa harus membayar uang Bpp per semester.
4.Tahu(makanan), Tahu(mengetahui)
-Irsan tidak suka makan tahu.
-saya tahu tentang pelajaran ini.
5.




POLISEMI
1.Memeluk
-Keluarga saya memeluk agama islam.
-saya sangat ingin memeluk ibu saya.
2.Kepala
-Tiap kepala di wajibkan membayar uang pajak.
-Ayah saya adalah seorang kepala sekolah.
3.Mata
-Mata saya perih terken debu.
-Polisi itu menjadi mata-mata bandar narkoba.
4.Tangan
-Tangan Andi terluka terkena pisau.
-Ayah saya menjadi tangan kanan presiden.
5.Darah
-Kepala Jukri penuh darah akibat terbentur.
-Saya dan Jukri memiliki hubungan darah.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates